Rabu, 26 September 2012

Tahap Perkembangan Janin Dalam Kandungan Ibu

Fase-fase ini berpedoman pada tahap-tahap yang tidak sama dari perubahan seorang bayi. ringkasnya, tanda-tanda step perubahan bayi didalam rahim merupakan sebagai berikut : 

step pre embrionik 
pada step pertama, zigot tumbuh membesar lewat pembelahan sel, serta terbentuklah segumpalan sel yang lantas membenamkan diri pada dinding rahim. bersamaan perkembangan zigot yang makin membesar, sel-sel penyusunnya lalu mengatur diri mereka sendiri untuk membentuk tiga lapisan. 

step embrionik 
step ke-2 ini berlangsung sepanjang lima 1/2 minggu. pada saat ini bayi disebut untuk jadikan "embrio". pada step ini, organ serta sistem tubuh bayi mulai terbentuk dari lapisan- lapisan sel tersebut. 

step fetus 
diawali dari step ini dan sebagainya, bayi disebut untuk jadikan "fetus". step ini diawali sejak kehamilan bln. kedelapan serta berakhir sampai waktu kelahiran. ciri spesial bagian ini merupakan terlihatnya fetus menyerupai manusia, dengan wajah, ke-2 tangan serta kakinya. walau awal mulanya mempunyai panjang 3 cm, kesemua organnya sudah terlihat. step ini berlangsung sepanjang lebih kurang 30 minggu, serta perubahan berlanjut sampai minggu kelahiran. 
info tentang perubahan yang terjadi didalam rahim ibu, baru diperoleh sesudah serangkaian pengamatan gunakan peralatan moderen. tetapi sebagaimana sebanyak fakta ilmiah yang lain, informasi-informasi ini disampaikan didalam ayat-ayat al qur'an dengan langkah yang ajaib. fakta bahwa info yang sedemikian rinci serta akurat diberikan didalam al qur'an pada waktu orang mempunyai sedikit sekali info di bidang kedokteran, adalah bukti nyata bahwa al qur'an tidaklah ucapan manusia namun firman allah. 

waktu ovulasi ( waktu subur ) 
pada wanita, ovariumnya mempunyai beberapa ribu sel telur. tetapi sepanjang masa reproduksi sel telur yang tersisa cuma 400 saja. proses pengeluaran ovum ini diawali sejak waktu pubertas. setap bln., sesuatu sel telur dikeluarkan lewat dinding luar ovarium. proses ini disebut waktu ovulasi. lantas sel telur ini dapat ditangkap oleh tuba falopii serta dapat menuju rahim. ovulasi terjadi pada pertengahan siklus menstruasi atau lebih kurang 14 hari sebelum saat periode menstruasi selanjutnya. usia kehamilan dihitung menurut rumus naegele yakni hari pertama kehamilan sama juga dengan hari pertama haid paling akhir. namun untuk memilih waktu lahiran yaitu dengan langkah memberikan tanggal dengan 7 serta bulannya dengan 9, di mana umur kehamilan cukup bln. merupakan 9 bln. 7 hari. hingga janganlah kaget bila pasangan yang baru menikah 1 minggu nyatanya dokter menyebutkan usia kandungan isterinya 3 minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar